Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton dan ASEAN menggelar pertemuan di Bali. Pertemuan ini membahas berbagai masalah keamanan dan ekonomi, di antaranya kawasan Asia Tenggara bebas senjata nuklir.

Pertemuan ASEAN dan Amerika Serikat pada ASEAN Regional Forum (ARF) itu dipimpin oleh Hillary dan Menteri Luar Negeri Philipina Albert F Del Rosario di Bali International Convention Center (BICC).

Dari rilis ARF, disebutkan pertemuan itu membahas peningkatan kerjasama ASEAN dan Amerika Serikat untuk meningkatkan perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan di kawasan ASEAN.Pertemuan ini juga melakukan diskusi yang lebih mendalam mengenai partisipasi Amerika Serikat dalam KTT Asia Timur pada November 2011. Mereka membahas rekomendasi dari para pemimpin yang akan hadir dalam pertemuan kepala negara ASEAN dan Amerika Serikat pada November 2011 tersebut.

Di bidang politik, pertemuan itu juga membahas usaha kerjasama ASEAN dan Amerika Serikat, termasuk mengenai perhatian terhadap perjanjian dan kesepakatan kawasan Asia Tenggara bebas senjata nuklir.Pertemuan itu juga membahas kembali penerapan kerjasama yang diadopsi dari pertemuan ASEAN dan AS di New York pada tahun 2010 yang akan diadopsi untuk lima tahun ke depan.

Tema-tema lain yang juga dibahas adalah isu kejahatan non tradisional, seperti kontra terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan manusia, pencucian uang dan kejahatan antar negara. ASEAN dan AS juga meninjau kembali perjanjian ekonomi antara kedua pihak di bawah kerangka kerja investasi dan perdagangan.

sumber : http://www.aseancommunityindonesia.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s